Piru: Terkait dengan permasalahan kehadiran Forum Peduli Kasieh (FMPK), maka Anggota DPRD Kabupaten SBB Ruli Sosal dalam pandangannya mengatakan Kalau memang forum masyarakat peduli kasieh tidak diakui oleh pejabat desa kasieh BPD dan tokoh masyarakat serta toko agama, di karenakan dalam pembentukan forum tidak melibatkan penjabat Desa, Ketua BPD dan toko masyarkat serta toko agama maka surat yang masuk tidak perlu di tanggapi. Untuk itu tugas Penjabat Desa Kasieh harus mengadakan rapat dan mengundang seluruh masyarakat biar tidak ada pro dan kontra.

Jamalidi Darman, Bahwa ijin PT.Gunung Makmur Indah (PT.GMI) yang di keluarkan oleh Gubernur Maluku untuk melakukan exprorasi di daerah Taniwel termasuk di Desa Kasieh, tapi belum ada ijin produksi kalau produksi prosedurnya panjang ada kajian dari amdal.

Jadi kalau masyarakat tidak menghendaki, maka kita sebagai perwakilan dari masyarakat mendukung juga. Trima kasi saya juga ucapkan kepada masyarakat yang kemarin studi banding di kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan yang dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat apa yang kalian lihat dan alami di sana.

Abd Rauf Latulumamina mengatakan Pejabat Desa Kasieh jangan dulu mengadakan rapat desa. Karna hasil amdal belum keluar jadi mau berikan pemahaman kepada masyarakat seperti apa kalau hasil kajian belum ada. Jangan sampai pemahaman masyarakat berbeda-beda malah menimbulkan masalah baru. Terus toko agama dan masyarakat yang sekarang hadir tolong pulang lalu sampaikan kepada masyarakat jangan di tambah dan jangan di kurang supaya jangan ada hoaks.

Usai berikan pendapat dan saran Kesimpulan dari Ketua DPRD kab SBB Abd. Lisaholit,S.S.Pi terkait dengan forum masyarakat peduli kasieh (FMPK) saya kembalikan kepada Pemerintah Desa Kasieh untuk melaksanakan rapat desa dan membahas persoalan tersebut. Bahwa untuk masalah Explorasi dan perijinan pertambangan masih menunggu hasil kajian dari sidang komisi Amdal Propinsi Maluku sehingga kami mengharapkan kepada Penjabat Desa dan semua Tokoh yang hadir untuk dapat menyampaikan hasil pertemuan di saat ini kepada masyarakat Desa Kasieh untuk dapat diketahui.

Kami juga dari DPRD Kab.SBB akan selalu mengawal aspirasi dari masyarakat, untuk itu saya mengharapkan untuk mari kita sama-sama menjaga stabilitas keamanan yang kondusif jangan ada yang memberikan isu-isu yang dapat memecah belah kerukunan masyarakat yang ada di Desa Kasieh.

 

LEAVE A REPLY